Nias Selatan Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,2 SR

Diguncang gempa bumi

TOPMETRO.NEWS – Diguncang gempa bumi, Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Sumatera Utara, Jumat (30/12/2022). Gempa bumi itu terjadi sekira pukul 06.26 WIB berlokasi di laut pada jarak 108 Km, arah Barat Daya Nias Selatan kedalaman 12 Km.

Daryono, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG mengungkapkan analisis BMKG Wilayah I Medan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Diguncang Gempa Tektonik

Daryoni mengatakan gempa bumi tersebut, terjadi di wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Nias Selatan, Sumatera Utara diguncang gempa tektonik.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M 5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,21° LS ; 97,23° BT, atau tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 108 Km, arah Barat Daya Nias Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 12 km,” jelasnya.

Dia mengungkapkan berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Disebutkannya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal. Akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Daryono menyebutkan hingga kini belum ada aktivitas gempa susulan. “Hingga pukul 06.44 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” ungkapnya.

Meski begitu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari bangunan retak. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan warga untuk tidak termakan isu yang belum tentu kebenaran soal gempa dan menggali informasi resmi dari laman resmi BMKG.

SIMAK PULA | Berpotensi Gempa Besar 8,8 SR, BNPB Ungkap Periode Ulang Tahun Gempa Megathrust

Seperti diberitakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, berpotensi gempa besar berkekuatan 8,8 SR (Skala Richter) terjadi di Indonesia khususnya di wilayah Selatan Jawa. BMKG mengungkapkan gempa megathrust di Selatan Jawa diperkirakan punya periode ulang gempa atau ulang tahun gempa setiap 400 tahun sekali dengan kekuatan mencapai 8,8 magnitudo.

Zona megathrust sebenarnya, menurut Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, istilah untuk menyebutkan sumber gempa tumbukan lempeng di kedalaman dangkal.

asl!

Related posts

Leave a Comment